Manfaat Berpuasa Di Bulan Ramadhan Untuk Tubuh Kita

6 Manfaat Bagi Istri Apabila Payudara Sering dihisap Sama Suaminya
6 Manfaat Bagi Istri Apabila Payudara Sering dihisap Sama Suaminya
Manfaat Berpuasa Di Bulan Ramadhan Untuk Tubuh Kita
Manfaat Berpuasa Di Bulan Ramadhan Untuk Tubuh Kita
Manfaat Berpuasa Di Bulan Ramadhan Untuk Tubuh Kita - Sebelumnya saya jelaskan dulu sedikit dasar hukum puasa.

Pengertian dan dasar hukum puasa menurut bahasa bahwa siyam/puasa artinya menahan diri (imsak).

Menurut istilah yaitu menahan diri dari segala sesuatu yang dapat merusak atau membatalkan puasa mulai terbitnya fajar sampai terbenam matahari (waktu magrib) dengan syarat dan rukun yang telah ditentukan.

Untuk lebih lengkapnya silahkan Baca Juga : Pengertian dan Dasar Hukum Puasa

Kita kembali lagi ke topik utama kita yaitu Manfaat Berpuasa Di Bulan Ramadhan Untuk Tubuh Kita. Bulan Ramadhan adalah bulan yang di tunggu-tunggu semua ummat islam.

Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang istimewa yang hanya datang setahun sekali yaitu di bulan Ramadhan selama sebulan penuh.

Puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi ummat Islam. Puasa juga sering dikaitkan dengan proses detoksifikasi atau proses pengeluaran zat sisa/racun dari dalam tubuh.

Apalagi jika dilakukan selama satu bulan penuh, tentu akan sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Meskipun puasa Ramadhan aman untuk semua orang sehat dan beberapa kondisi sakit tertentu, namun dalam keadaan penyakit tertentu seseorang harus berkonsultasi dengan dokter dan mengikuti rekomendasi ilmiah.

Semua ummat muslim yang sehat dan sudah akil balik diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh. Meskipun untuk sebagian orang ibadah puasa cukup berat, tetapi terdapat keistimewaan untuk mendapatkan hikmah dari Allah berupa kebahagian, pahala berlipat, dan bahkan suatu muhjizat dalam kesehatan.

Allah berjanji akan memberikan berkah kepada orang yang berpuasa. Seperti ditegaskan sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Suny dan Abu Nu’aim: Berpuasalah maka kamu akan sehat Dengan berpuasa, akan diperoleh manfaat secara biopsikososial berupa sehat jasmani, rohani dan sosial.

Oleh sebab itu saya akan kasih tau apa manfaat berpuasa di bulan Ramadhan untuk tubuh kita sebagai berikut :

Manfaat Berpuasa Di bulan Ramadhan Untuk Tubuh Kita :

1. Keseimbangan Anabolisme dan Katabolisme
Berbeda dengan kelaparan atau starvasi dalam berbagai bentuk dapat mengganggu kesehatan tubuh. Namun sebaliknya, dalam puasa ramadhan terjadi keseimbangan anabolisme dan katabolisme yang berakibat asam amino dan berbagai zat lainnya membantu peremajaan sel dan komponennya memproduksi glukosa darah dan mensuplai asam amino dalam darah sepanjang hari. Cadangan protein yang cukup dalam hati karena asupan nutrisi saat buka dan sahur akan tetap dapat menciptakan kondisi tubuh untuk terus memproduksi protein esensial lainnya seperti albumin, globulin dan fibrinogen. Hal ini tidak terjadi pada starvasi jangka panjang, karena terjadi penumpukan lemak dalam jumlah besar, sehingga beresiko terjadi sirosis hati. Sedangkan saat puasa di bulan ramadhan, fungsi hati masih aktif dan baik.

2. Bagi Kesehatan Jantung Dan Pembuluh Darah
Sakit jantung tidak dipungkiri lagi merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kebanyakan orang didunia, apalagi di Indonesia dengan jumlah perokok terus makin meningkat tiap tahunnya penyakit jantung adalah ancaman nyata. Untungnya,  berpuasa memiliki dampak yang sangat baik bagi jantung, ketika berpuasa, tubuh kita ternyata melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL yang menurut penelitian “chronobiological” ternyata hal tersebut merupakan hal yang sehat bagi jantung dan pembuluh darah. Tapi sayangnya orang malah merokok lagi pada saat sudah berbuka puasa dan waktu sahur.

3. Psikologi Yang Tenang Cegah Penyakit Kronis
Selain menahan lapar dan haus, puasa juga mengharuskan kita menahan amarah. Hal ini membuat keadaan psikologis seseorang menjadi lebih tenang dan secara ilmiah akan menurunkan kadar adrenalin dalam tubuh. Minimnya adrenalin akan memberikan efek baik pada tubuh seperti mencegah pembentukan kolesterol dan kontraksi empedu yang lebih baik dimana hal ini dapat mengurangi resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak seperti jantung koroner, stroke dan lainnya.

4. Performa Seksual Meningkat Pesat
Sebuah penelitian yang membahas tentang hubungan puasa dengan kadar hormon kejantanan (testoteron), perangsang kantung (FSH) dan lemotin (LH) membuktikan, bahwa puasa memang benar menurunkan nafsu seksual dan menurunkan hormon testoteron. Namun ini bersifat sementara, Bahkan setelah beberapa hari siklus puasa dijalankan justru produksi hormon testosteron dan performa seksual justru meningkat pesat.

5. Mengurangi Kegemukan
secara ilmiah berpuasa juga berdampak pada penurunan berat badan. Dengan berpuasa usus-usus dalam tubuh akan lebih bersih dari sisa-sisa endapan makanan, Endapan makanan inilah yang bila kelebihan akan menjadi lemak diperut. Selain itu berpuasa juga memperbaiki sistem pencernaan kita, sehingga sirkulasi makanan dan buang air menjadi lebih lancar.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh
Berdasarkan penelitian, orang yang berpuasa akan mengalami penurunan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Dengan menurunnya kadar kolesterol, maka dapat mengurangi risiko akan penyakit jantung maupun stroke. Terlebih bagi mereka yang menjalani program diet sehat, dengan berpuasa akan mudah menurunkan tingkat kolesterol.

7. Menetralkan Racun
Manfaat puasa Ramadhan untuk kesehatan juga berperan untuk menetralkan racun dalam tubuh. Selama berpuasa, tubuh akan melakukan detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari sistem pencernaan. Saat tubuh menggunakan cadangan lemak untuk membentuk energi, cadangan lemak akan membakar setiap racun berbahaya yang ada di dalam tubuh.

Demikianlah pembahasan tentang Manfaat Berpuasa Di Bulan Ramadhan Untuk Tubuh Kita. Selain itu juga kita dapat mengambil hikmah dari berpuasa yaitu kita bisa tau gimana rasanya kelaparan dan kehausan sehingga kita bisa tau bahwa beginikah rasanya lapar dan haus.

Beginikah rasanya penderitaan yang di derita saudara-saudara kita yang miskin, anak yatim, piatu, janda dan masih banyak lagi saudara-saudara kita yang kelaparan bahkan berhari-hari karena kemiskinan.

Mari ulurkan tangan kita bantulah mereka semampunya kita, seikhlasnya kita. Tolong di Bagikan Kepada Semua Orang. Semoga Bermanfaat Bagi Kita Semuanya.

Terima kasih kepada :
https://simomot.com
http://blog.lazada.co.id
http://www.manfaatpuasa.com

0 Response to "Manfaat Berpuasa Di Bulan Ramadhan Untuk Tubuh Kita"

Post a Comment

Jangan Lupa Like Page Facebook GODELOKU.com Untuk Mendapatkan Informasi Berita Terbaru dan Topik-topik Menarik Lainnya.