Tata Cara Mengubur Janazah Menurut Islam

6 Manfaat Bagi Istri Apabila Payudara Sering dihisap Sama Suaminya
6 Manfaat Bagi Istri Apabila Payudara Sering dihisap Sama Suaminya
Tata Cara Mengubur Janazah Menurut Islam
Tata Cara Mengubur Janazah Menurut Islam
Tata cara mengubur janazah menurut islam yaitu segerakan penguburan janazah.

Jangan dikuburkan malam hari kecuali keadaan memaksa, dan jangan pula tepat waktu dhuhur.

Sabda Nabi saw : 
"Barang siapa yang mati di pagi hari, maka janganlah ia ditidurkan siang harinya kecuali dalam kuburannya sendiri. Dan barang siapa yang mati sore hari, maka janganlah ia ditidurkan malam harinya kecuali dalam kuburnya sendiri. (HR. Imam Thabrani, dari Ibnu Umar ra.)

Baca Juga : Maut Pasti Datang 

Maksudnya cepat-cepat di kubur, dengan penjelasan hadist berikut ini :
"Cepat-cepatlah janazah dikuburkan. Andaikan mayat itu shaleh, maka sama dengan kalian mempercepat kebaikannya . . ." (HR.Imam Bukhari Muslim, dari Abu Hurairah ra.)
Menurut Imam ibnu Qasim yang berdasarkan Sabda Rasulullah saw ; bahwa ketika mengubur jangan ketika matahari terbit, matahari terbenam, dan tepat matahari diatas kepala. Sekalipun sangat baik mempercepat penguburan, tapi harus menghindari waktu-waktu yang tersebut diatas. Adapun tata cara yang baik dalam penguburan penuh dengan kesunnatan yang hasanat.

Usahakan liang kubur menjorok ke dalam yang kirangnya tidak dijangkau binatang buas atau masalah bau, dengan bagaimana baiknya ukuran di sana, misal setinggi orang ditambah panjang tangan. Sunnat melebarkan bagian kepala dari pada bagian kaki ketika membuat liang lahat atau kubangnya biasanya.

Liang lahat maksudnya ; setelah digali sampai ke dalam, kemudian membuat lubang ke samping kanan untuk letak mayit. Demikian ini kalau kondisi tanah tidak berguguran. Kubangan maksudnya ; setelah menggali liang kubur, kemudian membuat liang lagi sesuai jasad, lalu mayit dimasukkan, ditutup kayu atau batu, kemudian baru ditimbuni tanah.

Demikian ini sunnat membuat lebih lebar di daerah kepala dibanding daerah kaki. Disunnatkan menghadapkan mayit ke samping kanan menhadap kiblat. Pipi bagian kanan dibuka agar kulit menyentuh tanah atau batu atau lainnya. Juga disunnatkan ketika mayit menghadap ke samping, dibelakangnya diganjal batu tanah dengan maksud jasad tidak goyang.

Disunnatkan membuat papan atau batu diatas mayit, agar mayit tidak tertimbun banyak oleh tanah. Sunnat pula penyerahan memasukkan janazah kepada orang-orang shaleh. Kebanyakan orang shaleh hanya berpangku tangan dan berdo'a saja, sementara yang mengurusi memasukkan mayit orang yang tidak mengerti agama dengan alasan sudah terbiasa.

Baca Juga : Cara Malaikat Maut Mencabut Nyawa

Pekerjaan ini tidak apa-apa tapi tidak memperoleh kesunnatan. Dan banyak lagi kesunnatan-kesunnatan yang sebagian besar berkenaan dengan ahklak. Memberikan do'a juga termasuk sunnat, plustalqin menurut kebanyakan ulama disunnatkan. Insya Allah "Talqin" ada bagian khusus disertai hujjah-hujjah agama.

Demikianlah Pembahasan Tentang  Tata Cara Mengubur Janazah Menurut Islam. Tolong di Bagikan Kepada Semua Orang. Semoga Bermanfaat Bagi Kita Semuanya.

Sumber : Kemana Tujuan Akhir Manusia ?

0 Response to "Tata Cara Mengubur Janazah Menurut Islam"

Post a Comment

Jangan Lupa Like Page Facebook GODELOKU.com Untuk Mendapatkan Informasi Berita Terbaru dan Topik-topik Menarik Lainnya.